Buka jam 07:30 s/d jam 17.00 , Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Kenali Empat Bentuk Atap Rumah

Kenali Empat Bentuk Atap Rumah

Diposting pada 21 February 2018 oleh admin

bentuk atap,bentuk atap rumah,atap limas,atap pelana,atap sandar,atap datar

Atap memiliki peran penting untuk menjaga rumah dari panas matahari dan terpaan hujan. Dalam membangun atap rumah, yang perlu diperhatikan ialah bentuk dan konstruksinya. Harus dipastikan bahwa atap kokoh dan tahan dari segala kondisi baik angin maupun hujan.

Nah untuk Anda yang ingin membangun rumah. Bentuk dari atap rumah Anda haruslah dipikirkan secara matang. Maka dari itu Anda harus mengenal 4 bentuk atap rumah disini :

1. Atap Pelana

bentuk atap,bentuk atap rumah,atap limas,atap pelana,atap sandar,atap datar

Atap pelana dapat terbilang bentuk atap yang paling aman dan sederhana serta cocok di berbagai desain rumah di Indonesia. Atap ini populer di kalangan masyarakat karena biaya pemasangan yang relatif murah.

Bila ada kebocoran pada atap ini, maka akan mudah untuk mengetahui titik kebocorannya. Atap pelana juga memiliki daya serap panas yang baik untuk daerah tropis.

Kemiringan minimal atap pelana adalah 30 derajat. Tepi bawah atap tempat air hujan jatuh dinamakan tepi teritis. Air hujan bisa langsung jatuh ke tanah atau dibuatkan talang tepat dibawah teritis. Sementara pada kedua ujung tembok bangunan dibuatkan dinding sopi-sopi sebagai pengganti fungsi kuda-kuda.

2. Atap Limas

bentuk atap,bentuk atap rumah,atap limas,atap pelana,atap sandar,atap datar

Atap limas merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana yang terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium. Dua bidang atapnya berbentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan yang biasanya sama.

Jika dilihat, bentuk atap limas memang lebih indah dibanding atap pelana. Namun biaya pemasangannya lebih besar karena menggunakan rangka yang lebih banyak. Salah satu kekurangannya ialah resiko bocor

Namun bukan berarti atap limas tak punya kelebihan. Dengan sudut 30 hingga 40 derajat pada bagian atapnya, bentuk ini mampu memberikan perlindungan terhadap dinding rumah bagian luar dari panasnya sinar matahari dan derasnya air hujan.

Dampaknya, resiko kerusakan struktur bangunan dapat diminimalisir, karena dapat membelokkan arah angin ke atas dengan sudut miringnya.

3. Atap Sandar

Model atap ini biasa digunakan pada bangunan tambahan seperti selasar, balkon, atau teras. Seiring berkembangnya arsitektur, atap sandar kini juga banyak digunakan pada rumah bergaya modern maupun minimalis. Biasanya atap ini digabungkan dengan atap pelana.

4. Atap Datar

bentuk atap,bentuk atap rumah,atap limas,atap pelana,atap sandar,atap datar

Yang terakhir adalah atap datar. Bentuk ini biasa diterapkan pada rumah-rumah modern kontemporer berbentuk segi empat atau kubus. Atap ini biasanya terbuat dari dak beton dengan konstruksi berupa balok beton dan plat beton.

Bagikan informasi tentang Kenali Empat Bentuk Atap Rumah kepada teman atau kerabat Anda.

Kenali Empat Bentuk Atap Rumah | Supllier Atap & Baja Ringan Harga Murah di Bogor.

Belum ada komentar untuk Kenali Empat Bentuk Atap Rumah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

banner aplikator petra truss
Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan